Pemanfaatan Cangkang Kelapa Sawit Sebagai Arang Aktif

Kulit kelapa sawit merupakan residu yang dihasilkan dari pengolahan industri kelapa sawit yang pemanfaatannya belum ideal. Mengolah sekam kelapa sawit sebagai karbon aktif merupakan cara mudah untuk menambah nilai ekonomis.

Karbon aktif kelapa sawit dipilih karena lebih mudah didapat, sekaligus sebagai upaya pengelolaan limbah. Dasar terpenting dalam pemilihan bahan baku karbon aktif adalah jumlah batubara dalam bahan tersebut. Cangkang sawit memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk industri rumah tangga dan bisnis.

Pemanfaatan Cangkang Kelapa Sawit Sebagai Arang Aktif

Pemanfaatan Cangkang Kelapa Sawit Sebagai Arang Aktif

“Ini merupakan produk unggulan dari desa yaitu mengolah cangkang sawit menjadi karbon aktif, dipilihnya produk ini karena bahan bakunya sangat mudah ditemukan,” ujar Rismanaji SIP, selaku komisaris Bumdes Kab. Mukomuko, Rabu (21/11/2018).

Karbon aktif banyak digunakan sebagai adsorben untuk pemurnian gas, pemurnian pulp, pemurnian air, pemurnian minyak, katalis dan sebagainya. Arang aktif dapat dibuat dari semua bahan yang mengandung arang, baik organik maupun anorganik, selama bahan tersebut memiliki struktur berpori. Informasi seputar Palm Kernel Shell dan Cangkang Sawit bisa kamu dapatkan di laman https://tropicalbioenergy.com.

“Arang aktif berbahan dasar minyak sawit dengan proses aktivasi fisik-kimiawi memiliki daya serap terbaik di antara arang aktif yang diaktivasi dengan proses fisik dan kimia,” ujarnya.

Untuk produksinya, satu oven bisa memuat 10 ton cangkang kelapa sawit. Ada 6 oven, yaitu 60 ton sekaligus. Dan diekspor ke CV, melalui CV dikirim ke Bandung, Jakarta dan Luar Negeri melalui pihak ketiga.

Kab booming. Muko-mukos perlu mendapat perhatian, baik dari pemerintah daerah, kecamatan, kabupaten maupun provinsi Bengkulu sendiri. Untuk pembangunan bersama dan promosi daerah pedesaan perusahaan milik desa.

“Kami membutuhkan perhatian pemerintah agar dapat mendukung produk-produk unggulan yang ada di Kabupaten Provinsi Bengkulu khususnya Muko-muko Bumdes kami, dan kami berharap terus melakukan eksisis dan meluncurkan inovasi-inovasi untuk Bumdes,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *