Makanan Khas Pacitan

Jika ditanya seperti apa rasanya makanan khas Pacitan, tentu ada banyak yang masih merasa bingung. Apalagi bisa jadi tidak semua orang pernah berkunjung ke kota yang satu ini. Atau jarang sekali ada yang melintas kota tersebut, kecuali sedang bertugas atau dalam perjalanan wisata ke area Jawa Timur. Padahal disini tersimpan sejumlah menu makanan yang cukup lezat. Berikut ini beberapa makanan khas Pacitan yang patut untuk dicoba.

Soto Pacitan

Pecinta soto umumnya cukup banyak, apalagi ada berbagai macam menu soto yang menggoda. Sama halnya dengan soto pacitan. Makanan yang satu ini diracik hampir menyerupai soto yang biasanya. Pembedanya yaitu tambahan menu kacang goreng kemudian dicampur dengan seledri dan kecambah. Sehingga saat memakannya ada rasa dan sensasi yang berbeda. Dijamin lezat dan mengenyangkan.

Sego Godhong Jati

Satu lagi makanan khas Pacitan yang tak kalah mengenyangkan. Selain itu cita rasanya asli dan lezat. Itulah sego godhong jati yang bukan hanya namanya saja, tetapi sesungguhnya makanan ini berupa nasi dengan lauk pauk yang disajikan di atas daun jati. Tak heran jika citarasanya berbeda. Awalnya menu yang satu ini hanya disajikan pada saat acara tertentu, namun seiring berjalannya waktu ada banyak yang menjajakan jenis makanan tersebut. Yang mana dalam satu porsi nasi ada bermacam lauk pauk seperti sayur nangka, mie, telur, manisa dan orek tempe. Sangat lengkap isinya dan wajib untuk dicoba.

Tiwul

Banyak orang bisa jadi sudah mengenal jenis makanan yang satu ini. Tiwul ini terbuat dari bahan dasar singkong yang diparut. Lalu ditaburi dengan kelapa parut dan diulen bersama gula merah. Rasanya cukup lezat dan manis. Selain itu tinggi karbohidrat sehingga cukup mengenyangkan. Dapatkan berbagai macam resep masakan enak nusantara hanya di https://makananoleholeh.com.

Sego Gobyos

Nama makanan khas Pacitan yang satu ini memang cukup menarik. Ternyata sama halnya dengan rasanya yang juga lezat dan mengenyangkan. Sego gobyos ini adalah seporsi nasi yang bercampur dengan lauk pauk dengan citarasa yang pedas. Sehingga banyak orang yang memakannya berkeringat hebat akibat rasa pedas tersebut. Tak heran jika namanya sesuai dengan citarasa masakannya.

Punten

Pasti banyak yang tidak tahu apa jenis makanan yang satu ini. Bagi yang belum pernah mencobanya, punten adalah makanan khas Pacitan yang berasal dari beras bercampur santan. Meskipun cocok dijadikan camilan sore hari, tetapi makanan yang satu ini memang cukup mengenyangkan. Selain itu rasanya gurih dan lezat, dijamin tidak mengecewakan.

Sale Anggur

Jika berburu oleh-oleh khas kota Pacitan, makanan yang satu ini cocok dijadikan pilihan. Disebut sale anggur karena berupa sale yang dibungkus dengan pembungkus warna ungu lalu dibentuk seperti anggur. Sehingga warga Pacitan sendiri lebih sering menyebutnya sale anggur. Rasanya manis dan cocok dijadikan camilan.

Otak-Otak Tuna

Pecinta otak-otak sebaiknya cicipi dulu makanan khas Pacitan yang satu ini. Terbuat dari ikan tuna, otak-otak ini memiliki rasa khas yang berbeda. Sehingga pastinya layak untuk dicoba. Jika sedang berada di kota Pacitan, tidak ada salahnya menyempatkan diri mencari kuliner tersebut. Tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan protein yang menyehatkan.

Itulah beberapa makanan khas Pacitan yang begitu lezat rasanya. Sebaiknya sempatkan waktu untuk mampir ke Pacitan jika sedang berada di Jawa Timur. Tidak sulit menemukan makanan-makanan tersebut di kota yang satu ini. Dijamin tidak menyesal dan kenyang dengan porsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *