Fakta Tentang Homeschooling

Homeschooling juga dikenal sebagai pembelajaran di rumah atau pendidikan rumah adalah mengajar anak-anak di rumah baik oleh orang tua, tutor daripada pendidikan dalam suasana formal di sekolah umum atau swasta. Anak-anak dapat belajar sebanyak mereka yang memasuki lingkungan sekolah tradisional.

Ada beberapa faktor mengapa beberapa orang tua ingin anak mereka bersekolah di rumah. Beberapa di antaranya bisa berupa pelecehan guru, masalah moral, lama naik bus, biaya sekolah tinggi, kendala keuangan, atau mereka hanya tidak menyukai gagasan memasukkan anak mereka ke sekolah tradisional karena pengalaman mereka sebelumnya ketika mereka belajar.

Memutuskan apakah akan melibatkan anak Anda di lingkungan homeschool bisa menjadi keputusan yang sangat sulit. Ini membutuhkan banyak pemikiran dan pertimbangan sehingga Anda perlu memikirkannya berulang kali sebelum Anda mengambil keputusan akhir.

Pertama-tama, homeschooling membutuhkan komitmen waktu. Ini pada dasarnya akan memakan sebagian besar waktu Anda dalam sehari duduk dengan buku dan anak Anda. Sama seperti sekolah tradisional, ada persyaratan yang harus diselesaikan seperti proyek dan eksperimen, rencana pelajaran, penilaian makalah, perjalanan pendidikan, pelajaran musik, pendidikan jasmani dan banyak lagi. Ini bisa sangat melelahkan tetapi jika diberikan waktu yang tepat dapat sangat bermanfaat bagi anak Anda.

Ketika memutuskan untuk mendidik anak Anda di rumah, Anda berdua sebagai orang tua harus menyetujuinya atau hal itu akan sangat sulit. Cobalah untuk memutuskan dengan hati-hati dengan mempertimbangkan semua opsi. Ketika Anda berdua telah menyetujui keputusan tersebut, tanyakan pada anak Anda. Jika dia mau, maka pembelajaran akan dengan mudah terjadi.

Pengorbanan pribadi diperlukan karena Anda tidak lagi memiliki waktu Anda. Anda sebagai orang tua hanya akan memiliki sedikit waktu sendirian. Meskipun secara praktis, hubungan orang tua dan anak adalah 24/7, masih penting untuk menyisihkan waktu untuk diri sendiri atau Anda akan membuat diri Anda stres.

Homeschooling tidak mahal seperti sekolah tradisional. Tetapi sebagai orang tua, Anda tidak dapat memiliki pekerjaan di luar rumah. Artinya, Anda perlu lebih banyak berkorban dalam memberikan sebagian besar waktu Anda kepada anak jika ingin memberikan pengalaman belajar terbaik.

Ketika anak Anda belajar di rumah, bukan berarti ia tidak bisa lagi berinteraksi dengan dunia luar. Anda juga harus membiarkan anak Anda berinteraksi dengan anak lain. Ini merupakan keuntungan karena Anda dapat memantau anak mana yang harus berteman dengan Anda. Ada yang mereka sebut kelas kandang homeschool di mana Anda dan orang tua homeschool lainnya dapat mengadakan kelas di antara anak-anak Anda untuk meningkatkan keterampilan sosialisasi.

Setelah Anda memulai homeschooling, Anda tidak punya waktu untuk bersantai sebanyak yang Anda inginkan. Pada titik ini, Anda harus belajar bagaimana diatur. Anda harus menerima kenyataan bahwa Anda tidak akan dapat memelihara rumah yang bersih setiap saat. Kekacauan dan kekacauan akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari Anda, tetapi dapat dikurangi jika Anda tetap berpegang pada jadwal waktu Anda.

Mengajar mata pelajaran yang bahkan Anda tidak dapat sepenuhnya mengerti seharusnya tidak mengintimidasi Anda sebagai orang tua-guru. Ada materi dan pelajaran yang disiapkan untuk membimbing Anda mengajarkan subjek tersebut. Jika Anda benar-benar merasa sulit untuk mengajar mata pelajaran tersebut, maka Anda dapat menyewa seorang tutor yang bisa sangat mahal jika Anda menginginkan yang terbaik. Pilihan lainnya adalah, carilah bantuan dari orang lain yang dapat mengajari Anda cara mengajarkan subjek tersebut.

Dalam homeschooling, ini bukanlah komitmen seumur hidup. Ambillah satu tahun pada satu waktu dan lihat bagaimana kelanjutannya. Ketika Anda dan pasangan Anda siap untuk mengembalikan anak Anda ke sekolah tradisional, inilah saatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *